tipe jerawat
Tipe Kulit

Kenali tipe jerawat dan skincare untuk kulit berjerawat

Jerawat muncul saat pori-pori kulit tersumbat oleh sel kulit mati dan minyak. Biasanya jerawat muncul di bagian wajah sekitar jidat, pipi, dagu dan sekitar leher bagian atas. Jerawat dipicu atau akan lebih parah dengan adanya bakteri, perubahan hormon, stres, konsumsi makanan tertentu, atau efek samping obat-obatan tertentu. Temukan Skincare untuk kulit berjerawat yang cocok untukmu dengan cek kandungannya terlebih dahulu.

Mengenali tipe jerawat yang muncul di berbagai jenis kulit

Tipe jerawat di berbagai jenis kulit

Sumber : IDN Media

1. Komedo Hitam / Blackhead

Komedo Hitam

Sumber : Halodoc

Komedo hitam adalah benjolan kecil berwarna hitam yang lebih sering muncul di daerah hidung. Komedo ini muncul ketika pori-pori tersumbat bersamaan sebum dan sel kulit mati. Blackhead dikategorikan jerawat ringan karena tidak menyebabkan peradangan.

2. Papula

Kulit muka dengan jerawat papula

Sumber : Halosehat.com

Papula adalah jerawat yang muncul di bawah permukaan kulit dan terjadi ketika ada peradangan parah dan dinding di sekitar pori-pori wajah rusak. Jerawat papula ini ketika diraba akan terasa nyeri dan terasa tonjolan padat. Kulit di sekitar jerawat akan bengkak kemerahan. Tetapi, jerawat tipe ini tidak memiliki titik di puncaknya.

Tipe jerawat ini sering muncul saat komedo tidak dirawat. Hasilnya, peradangan di komedo terjadi dan menghasilkan iritasi di sel kulit.

3. Jerawat Batu / Kistik

Sumber : Klikdokter.com

Batu / kistik alias terbentuk jauh di lapisan kulit yang lebih dalam. Jerawat batu dapat berkembang ketika pori-pori tersumbat oleh kombinasi bakteri, sebum, dan sel kulit mati. Hal ini mengakibatkan munculnya benjolan merah besar, bertekstur lunak karena berisi bernanah, yang terasa sakit ketika tersentuh.

Kistik terjadi karena minyak dan sel kulit mati menumpuk di jaringan kulit di dalam folikel rambut yang dalam. Besarnya jerawat yang bengkak dapat melebar karena infeksi bakteri di permukaan kulit. Hal ini mengakibatkan jerawat memerah, membesar, dan bernanah. Peradangan yang telah tersebar luas akan membuat jerawat baru muncul.

4. Jerawat Nodul

Kulit muka dengan jerawat nodul

Sumber : Halosehat.com

Nodul adalah jerawat inflamasi yang terbentuk di bawah kulit dan cenderung menimbulkan rasa sakit. Nodul adalah pori-pori yang tersumbat dan membengkak dan mengalami iritasi lebih lanjut dan tumbuh lebih besar. Karena nodul begitu dalam di dalam kulit, Anda biasanya tidak bisa merawatnya di rumah. Obat resep diperlukan untuk membantu membersihkannya.

Hal yang mengakibatkan kulit menjadi berjerawat

Secara garis besar, jerawat disebabkan oleh empat hal; kulit mati yang mengganggu pori-pori, banyaknya minyak jerawat, adanya bakteri, dan peradangan. Beberapa alasan yang sering ditemukan akan dijelaskan di bawah ini:

Sumber : My Bisnis Eka

1. Hormonal

Saat hormon sedang tinggi, contohnya seperti hari pertama dan selesai haid atau saat menopause. Hal ini bisa menyebabkan produksi minyak berlebih pada wajah dan mengakibatkan bakteri penyebab jerawat (Propionibacterium Acnes) bertumbuh liar.

2. Alergi Makanan

Alergi makanan juga dapat menyebabkan kemerahan hingga pembengkakan pada kulit. Proses pembengkakan ini juga nantinya akan memicu bakteri jerawat untuk berkembang biak dengan lebih cepat.

3. Penggunaan Spot Treatment Berlebih

Aplikasi obat jerawat tertentu, seperti salicylic acid atau benzoyl peroxide yang berlebihan akan membuat kulit lebih kering dan alhasil memproduksi lebih banyak minyak yang mengakibatkan jerawat.

4. Penggunaan Produk Rambut

Produk rambut seperti pomade atau gel yang berbahan dasar minyak atau bersifat menyumbat pori-pori (comedogenic) sering menyebabkan jerawat. Alternatif nya adalah untuk memilih yang berbahan dasar air dan menggunakan sampo yang bebas sulfat dan paraben.

Kandungan Skincare untuk mengatasi kulit berjerawat

Banyak skincare dan obat dari dokter spesialis kulit untuk mencegah, meredakan, membasmi dan menghilangkan bekas jerawat. Skincare lokal untuk kulit berjerawat sangat diminati dan dicari khususnya ketika tingkat keparahannya sudah cukup serius, para perempuan akan mencari skincare untuk kulit berjerawat dan bruntusan dengan sangat mendalam dan mempelajari kandungan apa yang cocok untuk keadaan kulit wajah mereka masing-masing. Berikut beberapa kandungan yang efektif untuk menaklukkan jerawat:

Sumber : Wanita 22

1. Salicylic acid

Mengandung bahan anti-inflamasi yang bermanfaat untuk memberikan efek antibakteri dan mengobati jerawat. Ia juga dapat membersihkan kulit wajah dari kotoran, minyak dan mengatasi penyumbatan pada pori-pori yang jika tidak di atasi dengan baik akan menjadi jerawat. Zat asam ini juga mengangkat sel kulit mati. Dikarenakan bahan aktifnya berfungsi mengangkat penyumbat pori-pori dan dapat mengurangi peradangan yang timbul akibat jerawat. Terdapat banyak skincare untuk kulit berjerawat yang mengandung Salicylic acid karena sudah sangat umum dan manfaatnya tidak diragukan lagi. 

Produk skincare dengan kandungan Salicylic acid adalah Dr. Jart+ Dermask Micro Jet Clearing Solution, Innisfree Bija Trouble Facial Foam, Neutrogena Deep Clean Blackhead Scrub, Cosrx Salicylic acid Daily Gentle Cleanser, Haum Lcid Salicylic acid 2%, Skinfood Egg White Pore Cleansing Foam, dan Sensatia Botanicals Acne Clarifying Facial Cleanser.

2. Benzoyl peroxide

Digunakan untuk membasmi bakteri penyebab jerawat dalam waktu yang relatif cepat, ia mengandung zat antibakteri yang mampu membunuh bakteri utama penyebab jerawat yaitu Propionibacterium acnes atau P. acnes. Selain jerawat, benzoyl peroxide bisa mengatasi masalah kulit lainnya, seperti mengurangi minyak sebum dan sel kulit mati.

Tetapi penggunaan benzoil peroksida yang terlalu banyak dapat membuat kulit menjadi kering. Skincare untuk fungal acne cenderung berkomposisi Benzoyl peroxide karena bahan aktifnya cukup kuat membasmi bakteri dan jerawat jamur.

Beberapa produk perawatan kulit dengan kandungan Benzoyl peroxide adalah Oxy Acne Pimple Medication, La Roche-Posay Effaclar Dual Action Acne Treatment, Neutrogena On-the-Spot Acne Treatment, Clinique Acne Solutions Emergency Gel-Lotion, dan Paula’s Choice Daily Skin Clearing Treatment.

3. Centella asiatica

Efektif meredakan kulit sensitif dan pada saat iritasi, tanaman atau kandungan di tanaman ini juga dapat mencerahkan kulit sehingga tampak lebih awet muda dan bersinar. Ia dapat meningkatkan produksi kolagen, menambah kekencangan dan elastisitas kulit.

Kaya akan kandungan asiaticoside dan madecassoside yang dapat mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan, garis halus, dan kulit yang kendur. Manfaat Centella asiatica lainnya adalah menjaga keseimbangan kandungan pH kulit karena antioksidan dan vitamin yang ada di dalamnya. Pecinta skincare bisa mencari skincare untuk kulit berjerawat dan kusam yang mempunyai sifat meredakan iritasi dan mencerahkan kulit seperti Centella asiatica.

Skincare yang mengandung Centella asiatica adalah Sariayu Krem Masker Jerawat, Avoskin Hydrating Treatment Essence, Dr.Jart+ Cicapair Serum, Skin1004 Centella Asiatica 100 Ampoule, Klairs Rich Moist Soothing Cream, Peach and Lily Super Reboot Resurfacing Mask, dan Kiehl’s Centella Sensitive Facial Cleanser.

4. Witch hazel

Mengatasi pembengkakan pada kulit, gejala kemerahan, gatal, dan hingga rasa terbakar. Ia juga berfungsi sebagai astringent yang mengeringkan jerawat dan mengurangi noda bekas jerawat. Kandungan Tanin dalam Witch hazel bekerja seperti antioksidan dan banyak diolah menjadi toner dan cream yang bermanfaat untuk kulit wajah. Kandungan ini dapat memperkecil ukuran pori dan mengencangkan kulit juga. 

Produk perawatan kulit dengan kandungan Witch hazel adalah Wardah Purifying Moisturizer Gel, Emina Witch Power Face Toner, Mineral Botanica Acne Care Toner, Aubree Witch Hazel Water Essence, Utama Spice Witch Hazel, Natur Miracle Calming Face Serum, Neutrogena Acne Eliminating Spot Gel, Airnderm Suncare Oily Witch Hazel, Biokos Nourishing Gel Night Treatment, dan Secret Key Witch Hazel Toner.

5. Tea Tree Oil

Bahan yang satu ini sangat tidak asing karena merupakan pilihan populer untuk anti-mikroba dan mengurangi pembengkakan di kulit wajah. Kegunaannya adalah anti-inflamasi, membuka kelenjar minyak yang tersumbat, mengempeskan jerawat, dan mengurangi produksi minyak berlebihan.

Tea tree oil juga mengandung antibakteri atau disinfektan yang dapat membersihkan dan menenangkan pori-pori yang menyebabkan jerawat dan akan membersihkan minyak berlebih yang ada. Terlebihnya kandungan ini sangat berguna untuk komedo atau jerawat-jerawat yang ada di area hidung dan jika sering diaplikasikan dapat menghilangkan noda-noda bekas jerawat.

Skincare dengan kandungan Tea tree oil ada di Body Shop Tea Tree Oil, Cosrx Good Morning Low pH Cleanser, SOMEBYMI Miracle Tea Tree Clear Spot Oil, Safi Anti Acne Cream Tea Tree Oil, Mediheal Tea Tree Care Solution Mask, Naruko Tea Tree Night Gelly, Acnes Tea Tree Oil Clay Mask, dan Sensatia Botanicals Tea Tree & Lemon Toner.

6. Azelaic acid

Memiliki sifat anti-mikroba dan anti-inflamasi, sehingga efektif dalam mengatasi kondisi kulit dan membantu membunuh bakteri. Kandungan ini juga sangat efektif sebagai eksfoliator lembut yang membersihkan pori-pori tersumbat karena sifat asamnya dapat mengangkat lapisan teratas kulit agar kulit kembali halus. Ia terbentuk secara alami di dalam tubuh manusia dan tanaman sehingga dapat membantu memperbarui kulit lebih cepat dan mengurangi pembentukan jerawat dan komedo.

Kandungan asam ini juga mampu mencerahkan hiperpigmentasi, mengatasi jerawat, dan mengurangi kemerahan kulit karena paparan sinar matahari atau alergi. Tips mencari skincare untuk menghilangkan bekas jerawat adalah untuk mencari skincare yang mengandung zat asam Azelaic acid.

Rekomendasi produk dengan kandungan Azelaic acid adalah The Ordinary Azelaic Acid Suspension, Deoonard Serum Acne, Hanasui Serum Vit C, Benton Snail Bee High Content Essence, The Ordinary Alpha Arbutin 2%+HA, Sunscreen SPF 30 WITH Azelaic acid, Cos De BAHA AZ 10 Serum, Paula’s Choice 10% Azelaic Acid Booster, dan Strivectin Daily Reveal Exfoliating Pads.

7. Retinol

Mencegah pembentukan jerawat dan menghentikan jerawat bertambah lebih banyak. Retinol membuka pori-pori sehingga kulit bisa menyerap obat sampai bagian paling dalam, ia masuk sampai lapisan kulit dermis. Kemudian membantu memproduksi kolagen dan juga eksfoliasi sehingga bermanfaat ketika jerawatan. Retinol juga bekerja dengan mengurangi produksi minyak berlebih, penyebab utama munculnya jerawat dan bekerja dengan menjaga pori-pori kulit tetap bersih agar tidak terjadi penyumbatan. 

Retinol sangat bermanfaat untuk mencegah tanda-tanda penuaan karena mengandung antioksidan yang memperlambat penuaan pada kulit wajah. Skincare untuk kulit berjerawat usia 40 keatas idealnya memiliki komposisi retinol yang cukup.

Mengatasi jerawat dan dengan bonus anti-aging bisa dengan produk skincare yang mengandung Retinol yang ada di The Ordinary Granactive Retinoid 5% in Squalane, Somethinc Level 1% Retinol, Avoskin Miraculous Retinol Ampoule, Votre Peau Skin Care Retinol + Ceramide, Bhumi HPR Retinol Serum, For Skin Sake Retinol Serum, dan For Skin’s Sake Retinol Overnight Cream.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.