skincare paling viral di tiktok
Skincare 101, Skincare Viral

Hiqween & Azarine adalah Brand Sunscreen Lokal Baru yang viral di TikTok Indonesia

Sejak Covid-19 menyerang Indonesia dari Maret 2020 yang lalu sampai dengan Pemerintah Indonesia memberlakukan  Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di awal Juli 2021 ini, terdapat perubahan gaya hidup dan konsumerisme terutama dikalangan Beauty Enthusiasts di Indonesia.

Perubahan kebiasaan yang sebelum pandemi lebih memfokuskan ke make up sekarang beralih ke skincare. Bisa terlihat dari pencarian di Google Trends yang lebih banyak mencari skincare dibanding make up.

azarine dan hiqween
Data from Google Trends from July 2020 - Jun 2021

Sekarang penggemar kecantikan di Indonesia menyadari bahwa skincare yang paling penting adalah sunscreen. Karena di zaman pandemi ini masyarakat harus lebih banyak berjemur untuk mendapatkan vitamin D dari matahari yang dapat menambah imunitas tubuh. Namun, paparan sinar matahari yang langsung tanpa perlindungan di wajah akan sangat berbahaya di jangka waktu kedepannya. Bisa terkena flek hitam, penuaan dini maupun kanker kulit.  

Yang kami pantau dari konten-konten sunscreen dari netizen Tiktok Indonesia adalah mulai dari review sunscreen di bawah harga IDR 100 ribu sampai dengan pentingnya memakai sunscreen sebagai langkah akhir dari rutinitas skincare pagi

Pembahasan kami kali ini adalah dari viralnya sunscreen lokal produk Indonesia yang engagementnya di Tiktok menyaingi produk kecantikan dari Indonesia maupun produk internasional yang sudah “pemain lama” seperti Wardah, Nivea dan Biore.

Elemen Apa Saja yang Diteliti?

  • TikTok Views dari netizen Indonesia berdasarkan hashtag produk sunscreen Brand masing-masing
  • Seberapa lama Brand tersebut sudah berdiri, khususnya di Indonesia
  • Total Sunscreen yang terjual di official store Tokopedia dan Shopee Brand tersebut
sunscreen paling viral di tiktok

Berikut Adalah Temuan dari Riset Ini:

  • Hiqween yang baru berdiri selama setahun menjadi brand sunscreen yang paling viral di Tiktok.
  • Dari 10 brand sunscreen yang mendapatkan engagement netizen Indonesia paling populer, 6 diantaranya adalah brand baru & 7 dari brand tersebut adalah merek lokal. 
  • Wardah sebagai produk lo`kal yang sudah dikenal di seluruh Indonesia dan sudah berdiri selama 26 tahun dapat mengikuti tren di Tiktok dengan #sunscreenwardah di posisi no.3 dengan 1.7 juta views. 
  • Brand lokal Carasun yang tergolong masih baru dapat mendekati Tiktok views Biore dengan selisih 26,900 views saja.
  • Skinaqua merupakan brand internasional yang cukup viral di posisi 4 dan mengalahkan Biore dan Nivea yang ada di posisi 5 dan 8 di Tiktok.

Walaupun brand Hiqween dan Azarine adalah pemain baru dibandingkan dengan brand seperti Emina di brand kecantikan Indonesia, mereka mampu bersaing dengan brand-brand Indonesia maupun internasional yang sudah lebih lama ada di market Indonesia. Mereka mampu menggunakan Tiktok untuk memviralkan produk sunscreen mereka.

Brand lokal Carasun dapat mendekati Tiktok views Biore yang berada di posisi 5 sedangkan Carasun di posisi 6. Biore ada skincare brand dari Jepang yang sudah berdiri lama selama 39 tahun dan tersebar di seluruh dunia. 

Wardah sebagai brand lokal yang sudah lebih dari 20 tahun eksis di industri kecantikan Indonesia dapat mengikuti tren Tiktok dan memanfaatkannya sebagai wadah untuk mengikutsertakan target audience mereka dibandingkan brand yang berdiri lebih lama seperti Biore dan Nivea. Terlihat dari Tiktok views Netizen Indonesia, Biore di 372,900 views dan Nivea di 251,000 views. Sedangkan Wardah mempunyai views sebesar 1,7 Juta views dan berada di posisi ketiga Brand sunscreen paling viral di Tiktok Indonesia.

Definisi Viral

Virality menurut Oxford Languages adalah kecenderungan sebuah gambar, video atau sebuah informasi yang disebarkan secara cepat dan luas dari satu pengguna internet ke pengguna lainnya.

Menurut Seth Godin, seorang penulis, entrepreneur, pembicara dan mempunya blog seputar Marketing, mengenai sebuah ide bisa menjadi viral apabila ide tersebut mudah dimengerti dan dicerna oleh khayalak banyak dan patut di investigasi lebih lanjut dan laik disebarluaskan.

Viralitas Menjembatani Produk Sunscreen Terjual di Marketplace

Salah satu aspek viralnya suatu produk sunscreen kami dapatkan juga dari penjualan produk yang terjual dari Official Store di marketplace seperti: Tokopedia dan Shopee. Dan apabila brand tersebut tidak mempunyai Official Storenya, kami akan menggunakan data reseller yang mempunyai penjualan yang tertinggi. 

Catatan: Kami tidak mengkorelasikan secara langsung suatu produk dengan penjualannya langsung dikarenakan banyak faktor secara internal dan eksternal yang mempengaruhi penjualannya tersebut. Perlu dilakukan research yang mendalam dan data ini hanya menambahkan sudut pandang dari viralitas suatu produk.

sunscreen paling viral di tiktok

Kesimpulan

Dari list 10 Sunscreen Brand yang paling viral, 6 diantaranya merupakan Brand baru atau Brand muda (5 tahun dan kurang). Sangat di luar dugaan bahwa Wardah sebagai contoh brand lokal yang sudah berdiri lebih dari 20 tahun dapat menempati posisi ketiga top viral sunscreen brand di Tiktok Indonesia.

Dari data ini kami menyimpulkan bahwa lokal brand lebih banyak yang viral ketimbang brand internasional. Dan juga brand yang masih baru berdiri dapat menjadi viral. Hiqween dan Azarine dapat menjadi contoh atau panutan untuk lokal brand beauty lainnya.

Metodologi: Data diambil di platform TikTok berdasarkan hashtag Brand Sunscreen (Contoh: #sunscreenwardah) dengan Views terbanyak dan digolongkan dengan seberapa lama Brand tersebut berada di market Indonesia. Data untuk Sunscreen yang terjual diambil di Official Store Tokopedia & Shopee Brand tersebut. Data dikumpulkan Juni 2021.

Glownow.id is a website founded by people who passionate dan peduli terhadap kecantikan kulit. Pengunjung dapat menemukan ulasan skincare dengan mendalam dengan referensi dan informasi untuk perawatan terbaik untuk kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published.